VALENTINE VS MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Silahkan Anda baca sendiri pembahasan di bawah ini!!!

Bulan februari identik dengan hari kasih sayang karena pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di dunia barat.

Tradisinya, setiap Valentine pasangan akan saling memberi hadiah. Tradisi ini belum jelas asal-usulnya. Peringatan "Hari Kasih Sayang", menurut History.com, kemungkinan berasal sejak tahun 200an. Ketika salah satu orang kudus, Santa Valentine, melawan peraturan Kaisar Claudius II yang melarang para pria muda untuk menikah. Santa Valentine menentang hal tersebut dengan melangsungkan upacara pernikahan diam-diam untuk para pemuda di Roma pada zaman itu. Aksi Valentine ini terungkap, dan ia pun dimasukkan ke dalam penjara. Saat di penjara, Valentine mendapat kunjungan dari putri orang yang memenjarakannya. Valentine jatuh cinta dengan perempuan tersebut. Sebelum hari kematiannya, Valentine sempat menuliskan surat kepada perempuan tersebut dengan akhiran kata-kata, "Dari Valentine-mu". Tulisan ini konon menjadi asal muasal surat cinta di hari Valentine. Namun, legenda ini masih belum bisa ditegaskan kebenarannya.



Pada tahun 2011 ini, tgl 15 februari bertepatan dengan Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Yakni, momentum bagaimana kita mengingat hari kelahiran dan masa-masa perjuangan RasuluLLah. Bagaimana kita mensyukuri atas Iman Islam serta berdo'a, agar kita oleh ALLAH diberikan sifat-sifat yang mendekati akhlak beliau, RasuluLLah yang begitu sempurna.

Dalam konteks ini, Maulid harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat. Yakni, sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani (Civil Society) yang merupakan bagian dari demokrasi seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, kesetaraan gender, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, ruang bebas partisipasi, dan humanisme.

Nah, sekarang keputusan ada di tangan Anda. Apakah kita hanya mengikuti peringatan yang berasal bukan dari budaya kita ? Atau lebih benar-benar mengingat Nama ALLAH dan mengingat moment penting dalam Islam seperti, Maulid Nabi Muhammad SalaLLahu Alaihi Wassalam pada tahun ini ?. Jawabannya ada pada Keimanan kita masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar